Senin, 21 Mei 2012

Tugas Telaah Kurikulum SMA


Tugas
Telaah Kurikulum SMA


Oleh

                   Nama            : Siti Mundi Ronah
                          NIM              : ACC 110 044
                          Prodi             : KIMIA



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2012


Urutan Materi Kelas 2 SMA

I
Standar Kompetensi
:
Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik  unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat senyawa

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.
Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi electron dan diagram orbital serta menetukan letak unsur dalam tabel periodic.
v Teori atom Bohr dan mekanika kuantum.
v Bilangan kuantum dan bentuk orbital
v Konfigurasi electron (prinsip aufbau, aturan Hund dan larangan Pauli) dan hubungannya dengan sistem periodic unsur
2.
Menjelaskan teori jumlah pasangan electron disekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.
v Bentuk molekul .
3.
Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.
v Gaya antar molekul.





II
Standar Kompetensi
:
Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. 
v Hukum kekekalan energi.
v Sistem dan lingkungan.
v Reaksi eksoterm dan endoterm.
v Perubahan entalpi.

2.
Menentukan H reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
v Hukum Hess

III
Standar Kompetensi
:
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dan melakukan percobaan tentang factor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
v Konsentrasi  larutan (kemolaran)
v Faktor-faktor yang mempengaruhi   laju reaksi.        

2.
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
v Teori tumbukan.
v Orde reaksi.
v Peran katalis dalam makhluk hidup dan industri.


3.
Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
v Kesetimbangan dinamis.
v Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
4.
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi kesetimbangan.
v Hubungan kuantitatif antara pereaksi dari reaksi kesetimbangan
5.
Menjelaskan penerapan prinsp kesetimbangan dalam kehidupan sehai-hari dan industry.
v Proses Haber Bosch dalam proses kontak.

IV
Standar Kompetensi
:
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
v Teori asam basa.
v Sifat larutan asam dan basa.
v Derajat keasaman (pH)
v Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa.
v Aplikasi konsep pH dalam pencemaran.
2.
Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
Stoikiometri larutan
v Titrasi asam dan basa
3.
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.


v Larutan penyangga.
v pH larutan penyangga.
v Fungsi larutan penyangga.

4.
Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
v Hidrolisis garam.
v Sifat garam yang terhidrolisis
v pH larutan garam yang terhidrolisis.
5.
Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
v Grafik titrasi asam dan basa.

6.
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.
v Kelarutan dan Hasil Kali kelarutan.


V
Standar Kompetensi
:
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari





No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.
Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan- bahan yang ada disekitarnya. 
v Pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi dan peptisasi).

2.
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
v Sistem koloid
v Sifat koloid.
v Peranan koloid dalam kehidupan.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Larutan Elektrolit